UPN Veteran Yogyakarta Melanjutkan Program Penyaluran Bantuan Air Bersih Bagi Warga Gunungkidul

SLEMAN — Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) sebagai Kampus Bela Negara berkomitmen tinggi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan pasokan air bersih. Program penyaluran air bersih di Dusun Banyumanik dan Dusun Peyuyon, Kapanewon Semanu, Gunungkidul kembali dilanjutkan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPNV YK, Dr. Hendro Wijanarko, M. Si menyampaikan program penyaluran bantuan air bersih ini merupakan program lanjutan. Guna menjaga kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Gunungkidul dengan terpenuhinya pasokan air bersih.

"Sebelumnya Kami sudah menyalurkan ratusan tangki, dimana 160 tangki diarahkan ke Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul sementara 20 tangki lagi ke Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah," ucapnya, Selasa (1/8/2023).

Program lanjutan penyaluran air bersih ini diharapkan bisa memberikan dampak positif yang lebih signifikan bagi masyarakat. Keberlanjutan pasokan air bersih dan kesejahteraan masyarakat adalah prioritas utama yang harus terus dijaga bersama.

"Satu tetes air bersih dapat memberikan harapan bagi mereka yang membutuhkannya. Mari kita bergandengan tangan dalam menjalankan program ini dan memberikan bantuan yang nyata kepada masyarakat yang sedang menghadapi kesulitan air bersih," lanjutnya.

Koordinasi terus dilakukan dengan semua pihak dan juga tim relawan yang terlibat dalam penyaluran air bersih. Menurutnya penyaluran kembali air bersih ini atas dasar permintaan warga yang mengaku masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan akses air bersih.

"Air bersih masih sangat dibutuhkan di dua dusun ini. Oleh karena itu kami menyikapinya dengan melanjutkan program penyaluran air bersih. Masyarakat menyampaikan langsung kepada kami terkait kondisi yang mereka alami," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, penyaluran air bersih ini menjadi program jangka pendek dalam menyelesaikan masalah kebutuhan air. Untuk program janga panjangnya, UPNV YK akan melakukan kajian, guna memetakan kondisi geologi di wilayah tersebut.

"Dengan geolistrik nanti kami dengan teman-teman geofisika dan geologi akan mencoba memetakan kondisi tanah di wilayah ini. Mencari titik yang benar-benar bisa menjadi sumber air sehingga bisa dilakukan pengeboran."

UPNV YK melalui LPPM juga akan memberikan pendampingan kepada warga dalam membuat perencanaan pembangunan desa. Sehingga pembangunan yang dilakukan bisa didasarkan pada kajian akademik dengan melibatkan perguruan tinggi.

"Kami siap diajak bekerjasama untuk memberikan pendampingan. Sudah menjadi kewajiban kami untuk terus mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian," jelasnya.

Lurah Pacarejo, Kapanewon Semanu Gunungkidul, Suhadi menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh UPNV YK. Berbagai program yang dihadirkan di kalurahannya telah memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh warganya.

"Bantuan air bersih pastinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Harapan kami kerjasama antara UPNV YK dengan kalurahan kami bisa terus dilanjutkan," paparnya.

Kami berharap UPNV YK bersedia memberikan pendampingan kepada kami, sehingga dalam membuat rencana pembangunan desa bisa didasarkan pada kajian akademis. Sehingga perencanaan lebih tepat dan memiliki aspek kebermanfaatan yang lebih baik lagi.

"Desa mestinya punya kajian di dalam membuat perencanaan pembangunan. Sehingga lebih jelas tujuannya dan bisa dilakukan evaluasi secara berkala. Nanti kami akan bersurat ke LPPM untuk bisa mengupas potensi di dusun kami, sekaligus meminta untuk diberikan pendampingan," lanjutnya.