LPPM UPNYK Gelar Loka Karya Rutin "Pelatihan Penelusuran Artikel Ilmiah"

INFOUPNYK_ Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional "Yogyakarta" (UPNYK) menggelar loka karya rutin "Pelatihan Penelusuran Artikel Ilmiah" dengan menghadirkan narasumber utama yaitu Prof. Eko Priyo Purnomo, S.I.P, M.Si., M.Res., Ph.D., seorang guru besar Ilmu Pemerintahan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang memiliki wawasan dan pengalaman yang luas dalam penelusuran dan penulisan artikel ilmiah berkualitas. Acara ini diselenggarakan pada Hari Kamis, 30 Mei 2024 dan dihadiri oleh kurang lebih 130 dosen UPNYK yang menyadari pentingnya penelusuran artikel ilmiah di jurnal dan prosiding bereputasi dalam melakukan penelitian yang berkualitas.

Dr. Dyah Sugandini, S.E., M.Si selaku Kepala LPPM UPNYK menyampaikan bahwa tujuan utama dari loka karya ini adalah untuk memberikan strategi dan tips praktis kepada para dosen agar dapat melakukan penelusuran artikel ilmiah berkualitas secara lebih efektif. Hal senada juga disampaikan oleh Prof. Eko, sapaan akrab dari narasumber, bahwa dalam melakukan penelusuran artikel, diperlukan strategi-strategi yang tepat seperti faktor penerbit yang kredibel, cakupan bidang keilmuan yang sesuai, lembaga pengindeks, dan juga portal-portal yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan penelusuran.

Penyelenggaraan loka karya ini mendapatkan berbagai tanggapan positif dari dosen-dosen UPNYK, terutama terkait sesi yang tidak berlangsung saearah, namun diselingi dengan sesi pertanyaan dan sesi praktik penelusuran artikel oleh para peserta. Kepala LPPM UPNYK berharap kegiatan ini dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi peserta dalam menelusuri artikel ilmiah berkualitas sebagai bahan referensi dalam mengembangkan proyek penelitian yang berdampak positif dan menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.