LPPM UPNVY MENJALIN MITRA KERJASAMA DENGAN BAPPEDA KULONPROGO

LPPM UPNVY MENJALIN MITRA KERJASAMA DENGAN BAPPEDA KULON PROGO

Ibu Rektor, Prof. Sari Bahagiarti K, berpesan bahwa kegiatan menjalin mitra kerjasama sangat penting dilaksanakan dan sangat bermanfaat bagi UPNVY. Pesan ini disampaikan Beliau sebelum rombongan LPPM UPNVY berangkat ke Kulonprogo, pada hari Rabu, tanggal 1 Oktober 2014. Pukul 09.00 WIB sd 11.00 WIB, rombongan UPNVY diterima oleh Ketua BAPPEDA Kulon Progo, yaitu Ir. Agus Langgeng Basuki. Rombongan UPNVY terdiri dari Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak., C.A., Dr. Jatmika Setiawan, M.T., Dr. Joko Susanto, M.Si., Ir. Ari Wijayani, M.P., dan Marita, S.E.,M.Si.

Acara ini menghasilkan banyak sekali manfaat, antara lain:

 Kulon Progo diwakili oleh BAPPEDA Kulon Progo membuka pintu selebar-lebarnya untuk semua kegiatan penelitian dan pengabdian yang akan dilakukan oleh civitas akademika UPNVY.Potensi penelitian dan pembuatan buku panduan wisata Heritage yang akan dipimpin oleh Dr. Jatmika Setiawan, M.T. dengan program Danais 2015. Sebelumnya sudah dilakukan presentasi oleh tim Heritage Geologi UPNVY dihadapan Bupati Kulon Progo.Potensi pengembangan biofarmaka bunga Krisan sebagai bunga potong, bunga ketahanan pangan, dan bunga obat.Penanggulangan kemiskinan dengan berbagai program dengan Pemda Kulon Progo.Tata kelola administrasi untuk desa Kulon Progo.Program pengentasan kemiskinan dengan batuan andesit yang dimiliki oleh Kulon Progo.Program social dan teknologi informasi untuk dikembangkan di Kulon Progo.Program penampungan air dan tanaman untuk cekungan air di Kulon Progo

Acara ini merupakan acara silahturahmi antara LPPM UPNVY dengan BAPPEDA Kulon Progo dalam rangka menjalin mitra kerjasama LPPM UPNVY. Acara diawali dengan perkenalan, kulo nuwun oleh ketua tim Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak., C.A. sekaligus pemaparan seluruh potensi yang dimiliki oleh civitas akademika UPNVY, bahan Renstra LPPM UPNVY, dan memaparkan hasil penelitian PUPT Pengentasan Kemiskinan untuk Kulon Progo.

 Selanjutnya Ketua BAPPEDA Kulon Progo, Ir. Agus Langgeng Basuki, memberikan masukan dan tawaran program yang bisa dikerjakan oleh civitas akademika UPNVY.

Acara selanjutnya adalah diskusi mengenai kondisi dan potensi kerjasama yang ditawarkan BAPPEDA Kulon Progo kepada UPNVY. Diskusi ini berlangsung santai dan saling menceritakan pengalaman serta solusi atas permasalahan kondisi di lapangan dan potensi kerjasamanya. Dalam hal ini dipandu oleh Kabid Perencanaan Pengendalian, Penelitian, dan Pengembangan Statistik, Ir. Maria Indrati Andayani, dan diikuti oleh Kabid Perekonomian Hesti Suryandari, SP., M.Si., Kabid Kesejahteraan Rakyat, dan Subid Perencanaan dan Penelitian Kulon Progo. Pada kesempatan ini LPPM UPNVY memberikan cindera mata berupa 10 set buku tanaman hias yang sangat indah dan menarik yang ditulis oleh Ir. Ari Wijayani, M.P., Pusat Studi Tanaman Hias UPNVY.

            Acara diakhiri pukul 11.00 WIB dengan tali silahturahmi yang lebih erat dengan agenda  terbuka seluas-luasnya semua kegiatan yang akan dilakukan oleh civitas akademika UPNVY di Kulon Progo. Monggo…..dipersilahkan untuk para peneliti dan pengabdi masyarakat UPNVY berkarya seluas-luasnya dengan BAPPEDA  Kulon Progo.  (sri suryaningsum)