Bimbingan Teknis untuk DPRD Kabupaten Kulon Progo 2015 oleh UPNVY

 

Kulon Progo merupakan salah satu dari 5 kabupaten / kota di DIY dengan segala potensi yang dimilikinya. Dengan adanya potensi yang potensial dari daerah tersebut, diharapkan pemerintah daerah setempat beserta masyarakatnya dapat bahu-membahu bersinergi dalam bekerjasama meningkatkan pengembangan serta pemanfaatannya demi meningkatnya kehidupan ekonomi seluruh masyarakat serta kemajuan daerahnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kinerja DPRD Kabupaten Kulon Progo, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta diminta oleh Bandiklat Depdagri untuk memberikan pelatihan. Dengan ini, LPPM UPNVY menyelenggarakan:

“Bimbingan Teknis DPRD Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015”

Acara ini telah diselenggarakan pada hari Senin - Rabu, tanggal 16 - 18 Maret 2015 di LPP Convention Hotel, Yogyakarta. Sambutan pembukaan dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Akhid Nuryati, dan Kepala LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta yang diwakili oleh Kapus Litbang LPPM UPNVY, Dr. Sri Suryaningsum, SE., M.Si., Ak., CA. Para pembicara yang dihadirkan yaitu dosen-dosen UPN “Veteran” Yogyakarta, dengan 40 peserta pelatihan bimbingan teknis yaitu anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo beserta beberapa staf ahli. Acaranya berlangsung sukses dan sangat dinamis, dengan pembicara-pembicara yang ahli dalam bidangnya dan para peserta yang antusias dan pro-aktif dalam mengikuti setiap sesinya.

Materi pelatihan bimbingan teknis untuk DPRD Kabupten Kulon Progo, yaitu:

  1. Sosialisasi Implementasi Undang-Undang Desa, oleh: Dr. Sri Suryaningsum, SE., M.Si., Ak., CA. (Kepala Pusat LITBANG LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta).
  2. Strategi Pengembangan Potensi Geografis dan Ekonomi Daerah Kulon Progo, oleh: Dr. Sri Suryaningsum, SE., M.Si., Ak., CA. (Kepala Pusat LITBANG LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta)
  3. Pembahasan LKPJ Bupati dan Strategi Penyusunan Rekomendasi DPRD, oleh: Marita, SE., M.Si., Ak., CA. (Ketua TAX Centre UPN “Veteran” Yogyakarta)
  4. Strategi dalam Membangun Komunikasi Efektif untuk Massa, oleh: Prayudi, S.IP., MA., Ph.D.
  5. Manajemen Reses yang Efektif dan Penyusunan Pokok-Pokok Pikiran DPRD, oleh: Arif Rahman Hakim (Tenaga Ahli ADKASI)

Kegiatan mengenai bimbingan teknis yang ditujukan pada suatu instansi atau pihak berwenang seperti di atas hendaknya dapat terus dilaksanakan demi meningkatkan prestasi kerja instansi atau pihak berwenang tersebut, serta demi kesejahteraan masyarakat lokal. LPPM Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta secara terbuka menerima tawaran serupa dari Bandiklat Depdagri, untuk menghadirkan para pembicara yang berkompeten dalam bidangnya guna membagikan ilmu dan pengetahuan demi kemajuan dan kesuksesan bersama. Diharapkan kerjasama yang telah terjalin ini dapat terus berlangsung dan semakin berkembang kedepannya. (Sri Suryaningsum)