UPN VETERAN Yogyakarta

 

LP2M UPN "VETERAN" YOGYAKARTA GELAR PAMERAN HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN DOSEN

YOGYAKARTA - Rangkaian Dies Natalis Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) ke-63, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) menggelar Pameran Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Auditorium Kampus Bela Negara UPNVY di Jalan Padjajaran (Ring Road/Lingkar Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Rabu (15/12/2021).

Dr. Hendro Widjanarko, S.E, M.M. selaku Ketua LP2M UPNVY menuturkan, pameran ini menyajikan luaran dari para Dosen UPNVY yang merupakan hasil capaian mereka di tahun 2021 ini.

"Luaran dosen ini menggunakan skema Penelitian Dasar, Penelitian Terapan, Penelitian Klaster, dan Pengabdian. Seluruh hasil karya penelitian dan pengabdian yang dipamerkan ini sudah berjalan sesuai dengan roadmap penelitian LP2M UPNVY yang memberikan panduan riset dari hulu ke hilir untuk diimplementasikan langsung ke dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat," ujarnya.

Hendro menyampaikan, pengabdian dosen selama ini terbukti bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar melalui program-program pemberdayaannya.

Dalam kegiatan pameran kali ini terdapat sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Binaan dan Desa Binaan LP3M UPNVY yang mengikuti ajang eksibisi tahunan ini.

"Salah satunya contohnya adalah UKM budidaya pisang dan olahannya. Pendampingan dan pelatihan diberikan oleh LP3M UPNVY sampai dengan UKM tersebut mendapatkan izin edar berupa Sertifikat Produksi Pangan-Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) dan Sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," ungkapnya.

Hendro mengharapkan, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh LP2M UPNVY ini bisa mendorong roda perekonomian dan membantu meningkatkan kesejahteraan  masyarakat secara lebih luas lagi.

"Sehingga keberadaan UPNVY bisa membawa manfaat yang tidak hanya dirasakan oleh civitas akademika namun juga memberikan kemaslahatan bagi masyarakat sekitar," imbuhnya.